Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Program Menjaga Mutu

Program Menjaga Mutu

 

2.4.1   Pengertian Program Menjaga Mutu.

Program menjaga mutu adalah suatu proses yang berkesinambungan, sistematis dan objektif yang mencakup identifikasi dan penyelesaian masalah pelayanan yang diselenggarakan, serta mencari dan memanfaatkan berbagai peluang yang ada untuk meningkatkan mutu pelayanan.

2.4.2   Tujuan Program Menjaga Mutu.

Tujuan dari program menjaga mutu adalah:

  1. Tujuan antara yang ingin dicapai oleh program menjaga mutu adalah diketahuinya mutu pelayanan. Jika dikaitkan dengan kegiatan program menjaga mutu, tujuan ini dapat dicapai apabila masalah serta prioritas masalah mutu berhasil ditetapkan.
  2. Tujuan akhir yang ingin dicapai oleh program menjaga mutu adalah makin meningkatnya mutu pelayanan. Jika dikaitkan dengan kegiatan program menjaga mutu, tujuan ini dapat dicapai apabila masalah dan penyebab masalah mutu berhasil diatasi.

2.4.3          Unsur Program Menjaga Mutu.

Unsur program menjaga mutu adalah:

  1. Masukan (input), adalah semua hal yang diperlukan untuk terselenggaranya pelayanan kesehatan. Yang termasuk unsur input adalah tenaga kesehatan, dana, dan sarana.
  2. Proses (process) adalah semua tindakan yang dilakukan pada pelayanan kesehatan. Tindakan itu dibedakan atas dua macam yaitu tenaga medis dan non-medis.
  3. Keluaran (output) adalah menuju pada penampilan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan. Yang dimaksud penampilan pelayanan kesehatan itu adalah penampilan aspek medis, penampilan aspek non medis.
  4. Lingkungan (environment) adalah keadaan sekitar yang mempengaruhi pelayanan kesehatan. Untuk suatu institusi kesehatan, keadaan sekitar yang terpenting adalah kebijakan, organisasi dan manajemen.

sumber :

https://erdf-masters-kart.com/truck-simulator-usa-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas