Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

SEJARAH INTERNET DI INDONESIA

SEJARAH INTERNET DI INDONESIA

SEJARAH INTERNET DI INDONESIA

Internet pertama kali sukses

dihubungkan di Indonesia oleh seorang pakar komputer dan ekonomi bernama Joseph Luhukay. Luhukay berhasil mengembangkan jaringan UINet di beberapa Universitas di Indonesia. Lalu pada tahun 1984, Luhukay menghubukan jaringan internet di Indonesia menembus ranah global.

Usai tindakan berprestasi Luhukay itu, muncullah PT. Indo Internet dan PT.Pos Indonesia yang kemudian mengembangkan Wasantara Network. Pada kelanjutannya muncullah Telkomnet dan Indosatnet yang bergerak di bidang jasa penyedia layanan internet.

Setelah muncul dua provider penyedia layanan internet tersebut, makin banyak pelanggan dan pengguna internet. Meski, pada awalnya internet hanya bisa dinikmati oleh orang yang memiliki komputer dan membayar tagihan telepon.

Namun, kemudian menjamurlah warnet atau warung internet pada sekitaran tahun 1996. Warnet berperan meminjamkan komputer untuk mengakses internet dengan tarif perjam sesuai yang ditawarkan oleh pemilik warnet.

Lambat laun, warnet mulai ditinggalkan karena banyak orang telah memiliki PC atau laptop yang bisa dengan mudah mengakses dan berlangganan internet sendiri. Meski begitu, kini warnet kebanyakan digunakan sebagai sarana game online.

Sementara itu, orang yang mempunyai PC sendiri kini lebih memilih berlangganan jaringan internet atau Wifi di rumah. Atau cukup membawa laptop mereka ke tempat umum yang menyediakan jaringan internet.


Baca Juga :

Flexmedia

Kembali ke atas