Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

Sikap Terhadap Resiko

Sikap Terhadap Resiko

Dalam menjalankan usaha atau bisnis perusahaan, manajemen dalam menghadapi resiko dapat menentukan sikap terhadap resiko tersebut, yaitu

  • Menghindar dari resiko ( risk avers ), perusahaan akan menghitung mana yang lebih besar antara resiko dan harapan keuntungan. Bila resiko lebih besar dari keuntungan, maka manajemen yang masuk kelompok risk avers akan menghindar dari usaha tersebut.
  • Netral terhadap resiko ( risk netral ) yaitu sikap rasional dalam menghadapi resiko, bila peluang usaha mempunyai harapan keuntungan yang akan diperoleh dan juga peluang resiko mungkin juga terjadi.
  • Senang bermain dengan resiko ( risk preferer ) yaitu perilaku individu yang bersedia mengambil resiko. Risk preferer cenderung menganggap resiko sebagai sesuatu hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

2.4  Mengukur Resiko

Besar kecilnya resiko dapat diukur dengan konsep statistik, yaitu teori probabilitas (Pi). Probabilitas adalah peluang timbulnya kejadian antara 0 ≤ P ≤ 1, maksutnya adalah Masalah ketidakpastian dicoba untuk dapat diukur atau dikuantifisir dengan suatu konsep Probabilitas (probability, kemungkinan). Probabilitas (P) dinyatakan dalam angka-angka 0 sampai 1. Probabilitas (P) = 0, artinya suatu peristiwa atau kejadian mempunyai kemungkinan terjadi 0% atau dengan kata lain peristiwa itu tidak mungkin terjadi. Di lain pihak, apabila suatu peristiwa atau kejadian dinyatakan probabilitasnya (P) = 1, berarti bahwa peristiwa atau kejadian itu 100% pasti terjadi.

      Jenis kejadian (event) menurut probabilitas adalah

Flexmedia

Kembali ke atas