Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

 Sumber Daya Insani Menurut H.A.T Tilaar

 Sumber Daya Insani Menurut H.A.T Tilaar

Menurut Tilaar (dalam Daulay,2004,201) manusia unggul adalah manusia yang akan survive di dalam kehidupan yang penuh dengan persaingan, karena itu salah satu persoalan yang muncul adalah bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia berkualitas adalah sumber daya manusia yang memiliki keunggulan parsitipatoris, yaitu sumber daya insani yang yang ikut serta secara aktif dalam persaingan yang sehat untuk mencari yang terbaik. Ciri-ciri manusia yang unggul parsitipatoris sebagai berikut : kemampuan untuk mengembangkan jaringan-jaringan(networking), kerjasama (teamwork), cinta kepada kualitas yang tinggi.

Sementara mengenai karakteristik globalisasi, H.A.T. Tilaar sebagaimana dikutip A.Tafsir, mengemukakan beberapa karakteristik globalisasi sebagai berikut :

  1. a)      Masyarakat pada abad ke-21 itu adalah masyarakat tanpa batas (borderless world),
  2. b)      Kegiatanilmu yang tinggi,
  3. c)      Munculnya kesadaran akan hak dan kewajiban asasi manusia yang mendunia,
  4. d)      Lahirnya masyarakat kompetitif bahkan megakompetitif,
  5. e)      Rasionalisme diperkirakan akan semakin kuat pengaruhnya,
  6. f)     Pada zaman global, sikap materialistik akan semakin menggejala

Veithzal mengemukakan bahwa sumber daya pada saat ini merupakan masalah yang paling penting, karena dengan sumber daya manusia menyebabkan sumber daya lain dalam perusahaan dapat berfungsi atau dijalankan. Tanpa adanya unsur manusia dalam perusahaan, tidak mungkin perusahaan terebut dapat bergerak dan berjalan menuju tujuan yang diinginkan. Sumber daya manusia dapat menciptakan efisiensi, efektivitas dan produktivitas perusahaan. Oleh karena itupengelolaan sumber daya insani dalam organisasi menjadi suatu hal yang sangat penting, bukan hanya menjadi tanggung jawab para pegawai atau karyawan, akan tetapi merupakan tanggung jawab pemimpin perusahaan. Tentunya yang dimaksudkan pimpinan di sini adalah seorang pemimpin yang profesional.

Perwujudan dari globalisasi ekonomi yang akan dihadapi bangsa indonesia antara lain terjadi dalam bentuk sebagai berikut :

  1. a)      Produksi : Dimana perusahaan berproduksi di berbagai negara, dengan sasaran agar biaya produksi lebih rendah.
  2. b)      Pembiayaan : Perusahaan global mempunyai akses untuk memperoleh pinjaman atau melakukan investasi(baik dalam bentuk portopolio ataupun langsung) di semua negara di dunia.
  3. c)      Tenaga kerja : Perusahaan global akan mampu memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai kelasnya, seperti penggunaan staf profesional di ambil dari tenaga kerja yang telah memiliki pengalaman internasional atau buruh diperoleh dari negara berkembang.
  4. d)      Jaringan informasi : Masyarakat suatu negara dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari negara-negara didunia karena kemajuan teknologi informasi, antara lain melalui TV, radio, media cetak, dan lain-lain.

sumber :

https://aboshdg.net/navigator-topo-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas