Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

TAHAP-TAHAP YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENJALANKAN MESIN OFFSET

TAHAP-TAHAP YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENJALANKAN MESIN OFFSET

TAHAP-TAHAP YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENJALANKAN MESIN OFFSET

  1. Penumpukan Kertas

Alat pemasukan kertas bekerja secara otomatis dan sangat peka. Menumpuk kertas dengan tangan merupakan kebiasaan yang baik. Kertas yang akan dicetak harus dikibas lepas (diketruk) pada waktu menumpuknya.

Sebelum kertas diletakkan di atas alat pemasukan kertas terlebih dahulu  harus diluruskan kembali, terutama kertas yang melengkung atau mengeriting.

Menumpuk lembaran kertas pada papan penumgiukan kertas harus ditempatkan mepet pada penata%tumpukan kertas dan letaknya harus siku-siku dan tegak lurus.

Cara mengisi alat pemasukan kertas pada mesin kecil

Papan penumpukan kertas diturunkan ke bawah dengan metnutar roda pemutar dengan tangan

  1. Penyetelan Alat Pemasukan Kertas

Alat pemasukan kertas dapat disetel setelah kedudukan tumpukan kertas grada pada alat pemasukan.

Tujuan pekerjaan ini adalah untuk mempelajari dan dapat melakukan penyetelan alat pemasukan dengan baik.

  1. Penyetelan Penepat Samping

Tujuan penyetelan penepat samping adalah agar dapat bekerja dengan tepat tanpa merusak kertas. Untuk menempatkan kertas secara tepat terhadap pelat cetak kertas harus bergerak ke samping. Gerak ini dilakukan oleh enepat samping.

  1. Penyetelan Alat Pengeluaran

Tujuannya adalah agar terdapat susunan tumpukan kertas yang datar dan rapi selaingga depat langsung ditempatkan kembali pada alat pemasukan kertas.

  1. Penyesuaian Pelat dan Kain Karet

Untuk mendapatkan cetakan, gambar di pelat harus dipindahkan ke kain karet, kemudian dari kain karet ke atas kertas. Supaya pemindahan berhasil.

Tekanan cetak antara silinder pelat dan silinder karet dapat diubah dengan membuat lapisan dasar pada pelat atau kain karet lebih tipis atau tebal atau mengubah kedudukan silinder.

  1. Pembersihan Pelat dan Silinder

Tujuan pembersihan adalah untuk menemukan cara yang terbaik guna membersihkan pelat, pelapis dan silinder, dan dapat mencegah kotoran sampai di bawah pelat cetak.

Pasir, serbuk kayu, tinta kering di mana pun melekatnya akan menimbul an kesulitan.

  1. Pemasangan Pelat Cetak

Memasang pelat harus benar-benar diperhatikan dan dilaksanakan dengan seksama dan tepat agar dapat dikerjakan tanpa menggeser ke kiri atau ke kanan.

  1. Penyiapan Pelat Cetak

Penyiapan ini dimaksudkan agar pelat yang akan dicetak dapat dikerjakan tanpa menimbulkan gangguan-gangguan.

  1. Pemakaian Gom dan Air

Tujuannya adalah untuk memperlakukan gom, air, dan lain-lain dengan tepat. Kerapian merupakan salah satu hal yang penting dalam pemakaian go Air digunakan untuk membersihkan pelat dan harus berada.

  1. Pemakaian Peralatan Air

Tujuannya untuk menjaga agar pelat tetap basah waktu mencetak. Pelat mempunyai bagian yang menerima tinta. Ada juga bagian yang menolak tinta tapi menerima air. Bagian yang menerima air pada waktu mencetak harus tetap basah, dan ini memerlukan pembasahan yang dilakukan oleh peralatan air.

  1. Pemakaian Peralatan Tinta

Tujuannya untuk menjaga agar pelat tetap menerima tinta dengan baik waktu mencetak. Pada bagian pelat yang menerima tinta waktu mencetak, harus tetap tertintai, dan ini memerlukan penintaan yang dilakukan oleh peralatan tinta.

  1. Membersihkan Peralatan Air

Tujuannya untuk membersihkan peralatan sedemikian rupa agar selalu bersih, bekerja dengan baik, tidak berlemak, dan taban lama.

  1. Membersihkan Peralatan Tinta

Bak tinta gunanya untuk memberikan tinta secara otomatis dalam jumlah yang tepat sesuai dengan keperluan cetak sehingga peralatan selalu bersih, dapat bekerja dengan baik, dan tahan lama.

  1. Penanggalan Pelat Cetak

Setelah selesai mencetak, pelat disimpan untuk digunakan lagi bila harus mencetak ulang. Sebelum diangkat Jari mesin cetak pelat harus diberi gom secara therata dan jangan terlalu tebal untuk menjaga agar pelat tidak teroksidasi.


Sumber:

https://duniabudidaya.co.id/pengertian-evolusi-dan-revolusi/

Flexmedia

Kembali ke atas