Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

TUJUAN ADANYA SISTEM EKONOMI

TUJUAN ADANYA SISTEM EKONOMI

TUJUAN ADANYA SISTEM EKONOMI

Segala Sesutu yang dibuat pastinya memiliki tujuan tertentu. Apalagi sesuatu yang cukup komplek, seperti halnya sistem dalam ekonomi. Adapun tujuan adanya sistem ekonomi diantaranya sebagai berikut:

1. KESTABILAN EKONOMI

Stabilitas ekonomi atau kestabilan ekonomi merupakan suatu keadaan dimana jumlah uang yang beredar sesuai dengan jumlah produksi barang dan penggunaan jasa dalam suatu negara. Apabila jumlah peredaran uang lebih besar dari pada biaya produksi, maka harga suatu produk akan menjadi lebih tinggi. Keadaan tersebut biasa disebut dengan inflasi.

Termasuk dalam jumlah produksi yang semakin tinggi akan tetapi daya beli masyarakat tidak ada. Apabilah jumlah produksi meningkat namun daya beli masyarakat rendah, maka sebuah perusahaan tidak akan mampu lagi membayar upah pegawai. Apabila keadaan tersebut berlangsung lama, maka sering disebut resesi ekonomi, yang dapat mengakibatkan depresi ekonomi.

2. UNTUK MENGATASI PENGANGGURAN

Tujuan diadakannya sistem ekonomi adalah untuk mengurangi pengangguran (full employed) dalam suatu negara.
Full employed merupakan suatu keadaan dimana tidak ada satu orang pun dalam suatu negara yang menganggur atau tidak memiliki pekerjaan. Oleh sebab itu, masing- masing negara mengupayakan sistem ekonomi yang dapat meningkatkan jumlah wirausaha. Dengan begitu maka akan terdapat banyak lapangan pekerjaan.

3. PERTUMBUHAN EKONOMI

Tujuan yang terakhir dengan adanya sistem ekonomi adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi (growth).
Pertumbuhan atau growth yaitu suatu keadaan dimana antara jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Misalnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 2013 mengalami peningkatan 5,1% dan seterusnya.


Baca Juga :

Flexmedia

Kembali ke atas