Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

TUJUAN MANAJEMEN KEUANGAN

TUJUAN MANAJEMEN KEUANGAN

TUJUAN MANAJEMEN KEUANGAN

Manajemen keuangan ini berusaha menjaga kestabilan keadaan keuangan perusahaan, tujuan dari manajemen ini antara lain:

1. MEMAKSIMALKAN PEMANFAATAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Manajemen atau pengelolaan keuangan sangat berguna untuk pemanfaatan keuangan perusahaan yang tepat. Melalui campur tangan dari seorang manajer keuangan, ia akan bertindak untuk mengawasi pengguanan uang dalam perusahaan. Anggaran yang dipergunakan untuk  kegiatan yang tidak menguntungkan perusahaan bisa dipangkas dan digunakan untuk yang lainnya.

2. MEMPERSIAPKAN STRUKTUR MODAL

Manajer keuangan harus bisa memutuskan rasio antara pembiayaan yang dimiliki dan keuangan yang dipinjam agar dapat seimbang. Manajemen di sini hadir bertujuan untuk mempersiapkan struktur modal yang tepat.

3. MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN

Seorang manajer keuangan tidak menjamin keuntungan dalam jangka waktu yang panjang, karena adanya ketidpakastian bisnis, namun perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam jangka waktu yang panjang jika manajer keuangannya mengambil keputusan keuangan yang tepat serta penerapan penggunaan keuangan yang baik.

4. MENJAGA ARUS KAS

Setiap hari dipastikan perusahaan pasti akan mengeluarkan dana misal untuk pembelian bahan baku, sewa, pembayaran gaji, dan lain sebagainya. Jika pengeluaran dana ini tidak diawasi dan dikendalikan dengan baik, maka akan menyebabkan overbudget yang bisa merugikan perusahaan. Peran manajer keuangan di sini sangat dibutuhkan untuk menjaga arus kas.

5. MEMAKSIMALKAN KEKAYAAN PERUSAHAAN

Seorang manajer keuangan berusaha untuk memberikan dividen semaksimal mungkin kepada pemegang saham dan berusaha untuk meningkatkan pasar saham karena hal ini berkaitan dengan kinerja perusahaan.

6. MEMASTIKAN KELANGSUNGAN HIDUP PERUSAHAAN

Bagian keuangan sangat berperan penting dalam kelangsungan hidup dan bertahannya sebuah perusahaan di dalam persaingan bisnis yang kompetitif. Keputusan yang berhubungan dengan keuangan harus dilakukan secara hati-hati karena kesalahan pengunaan keuangan bisa berakibat fatal dan mengakibatkan kebangkrutan.

7. MENINGKATKAN EFISIENSI

Manajemen keuangan melalui manajer keuangan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi semua departemen dalam organisasi. Penyaluran dana yang tepat dalam semua aspek akan berdampak dalam peningkatan efisiensi perusahaan.

8. MENGURANGI BIAYA MODAL

Penggunaan biaya modal sebisa mungkin dapat diminimalisir oleh manajer keuangan melalui perencanaan struktur modal yang dibuat dengan tepat dan sedemikian rupa.

9. MENGURANGI RISIKO OPERASIONAL

Risiko operasional dapat diminimalisir dengan adanya sistem manajemen keuangan yang baik. Risiko ketidakpastian dalam bisnis harus disikapi dengan keputusan tepat yang diambil oleh sang manajer keuangan.


Sumber: https://klokkenluideronline.net/strikers-1945-apk/

Flexmedia

Kembali ke atas