Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Secara nasional, pendidikan ini memiliki Undang-undang yang sudah mengaturnya dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang sistem dalam pendidikan. Secara garis besar berfungsi mengembangkan watak, kemampuan untuk peradaban bangsa. Supaya negara bisa bermartabat dan memiliki individu yang berkualitas berupa individu yang cerdas.

Tujuan Pendidikan anak usia dini :

  1. Membuat anak dalam usia tersebut menjadi lebih siap dalam menghadapi pembelajaran akademik di sekolah.
  2. Mendeteksi dini terhadap segala hal yang terjadi dalam proses pertumbuhan dan perkembangan untuk potensi yang ada pada anak.
  3. Membuat anak menjadi lebih berkualitas, dengan cara tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat yang ada. Hal ini bertujuan agar memiliki kesiapan yang baik saat memasuki pendidikan dasar yang berorientasi saat dewasa nanti.
  4. Memberikan rangsangan pada anak agar dapat memberikan segala potensi yang ada. Potensi yang tersembunyi juga bisa ditonjolkan agar segala jenis perkembangan anak, baik bahasa, kepintaran, emosi sosial, minat, konsep pada diri, dan gerak motoriknya bisa lebih sesuai.

MASALAH DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Namun, dalam pelaksanaan pendidikan jenis ini banyak juga terjadi masalah yang terjadi karena banyak faktor. Berikut masalah dalam pendidikan usia dini yang beberapa kali terjadi :

  • Kurangnya pendidik yang mumpuni
  • Program pada lembaga pembelajaran yang kurang terlayani
  • Kurangnya keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran
  • Terlalu banyak fokus dalam akademik daripada pembelajaran perkembangan anak

Faktor masalah itu adalah hal yang membuat pendidikan dalam kategori usia dini ini masih banyak pekerjaan rumah. Tentu jika ingin lebih baik, maka Sumber Daya Manusia yang ada harus bisa memenuhi agar kualitas pendidikan menjadi lebih meningkat.


Baca Juga :

Flexmedia

Kembali ke atas