Unsur-Unsur Kelengkapan dan Contoh Inti Pokok Berita

Unsur-Unsur Kelengkapan dan Contoh Inti Pokok Berita

Unsur-Unsur Kelengkapan dan Contoh Inti Pokok Berita
Unsur-Unsur Kelengkapan dan Contoh Inti Pokok Berita

Seorang yang menyimak berita dikatakan dapat memahami isi berita yang disampaikan apabila ia dapat mengungkapkan pokok-pokok isi berita serta dapat mengemukakan inti sari tersebut kembali. Pokok-pokok isi atau inti sari berita dapat kalian simpulkan dengan menguraikan unsur-unsur kelengkapan berita.

Berkaitan dengan isi berita di atas, beberapa contoh bpupki atau alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan unsur kelengkapan isi berita dari penyampaian berita diatas, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Apa isi pokok berita tersebut?

* Wabah demam berdarah yang terjadi di Kota Padang dan Denpasar.

2. Siapa yang terkait atau terlibat dalam peristiwa yang menjadi isi berita tersebut?

* Warga yang menjadi korban demam berdarah, di Padang tercatat 24 orang, di Denpasar, Bali, 1 orang meninggal, dan 56 orang pasien masih dirawat di Rumah Sakit Umum Sangklah, Kuta, Denpasar.

3. Dimana peristiwa dalam berita tersebut terjadi?

* Di Kota Padang. Sumatra Barat, meliputi kecamatan kuranji, kuto tengah, dan Bungas Buluspulutabu serta Denpasar, Bali, dan sekitarnya.

4. Mengapa hal atau peristiwa tersebut dapat terjadi?

* Kemungkinan munculnya wabah disebabkan adanya musim penghujan yang menimbulkan banyak genangan air sebagai tempat berkembang nyamuk demam berdarah.

5. Bagaimana kejadian peristiwa tersebut?

* Wabah menyerang kepada anak-anak maupun orang dewasa.

Berdasarkan berita yang telah kalian dengar, kalian dapat menyampaikan inti-inti pokok berita yang ada. kalian tidak perlu membaca teks berita diatas ataupun mendengarkan ulang.

Contoh Inti Pokok Berita

Berikut contoh penyampaian inti-inti pokok berita berdasarkan berita diatas.

 Terjadi wabah demam berdarah di Kota Padang yang telah menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan pantauan, sebagian besar pasien berasal dari Kecamatan Kuranji di RSUP Mohammad Jamil. Wabah demam berdarah juga menyerang Kota Denpasar dan sekitarnya. Wabah ini telah menimbulkan korban jiwa satu orang. Rata-rata pasien adalah orang dewasa. Kejadian tersebut telah menimbulkan banyak korban, baik korban meninggal maupun yang dirawat di rumah sakit daerah wabah.