Flexmedia.co.id

Flexmedia.co.id situs website pendidikan yang menyajikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi pelajar

USU Meraih Peringkat 1 Universitas Terbaik di Indonesia

USU Meraih Peringkat 1 Universitas Terbaik di Indonesia

Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum mengatakan, beberapa hari yang lalu USU telah meraih peringkat 1 universitas terbaik di Indonesia dalam sistem penilaian versi Scimago Institutions Ranking (SIR). Pada 2018 USU berada pada peringkat 3, berarti USU naik dua peringkat.

Sementara untuk peringkat perguruan tinggi di dunia, USU juga mendapatkan

kemajuan dengan berada di peringkat 536, yang sebelumnya ada di peringkat 674, kata Runtung di Medan, Kamis (2/5) seusai peringatan Hardiknas menjelaskan kemajuan dan prestasi yang diraih USU.
Rektor USU didampingi WR 3 Drs Mahyuddin Nasution PhD menjelaskan, kabar gembira juga didapatkan USU dari pemberian akreditasi A untuk Prodi S1 Teknologi Informasi, Prodi S2 Ilmu Peternakan dan Prodi S2 Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan (PWD), sebelumnya ketiga Prodi mendapatkan akreditasi B.
USU juga meraih peringkat 4 dalam penilaian Rasio Publikasi Sinta 2018 yang datanya dirilis oleh Sinta pada Maret 2019 lalu. Peringkat 1 diduduki oleh ITS, peringkat 2 UI dan peringkat 3 ITB. Sementara Undip, UGM dan IPB berada di bawah USU.

Selain itu, mahasiswa-mahasiswi USU juga mendapatkan berbagai prestasi

dalam berbagai kompetisi internasional. Di antaranya keberhasilan Tim Schneider dalam lomba inovasi “22nd Moscow International Salon of Inventions and Innovative Technologies Archimedes” di Moscow, Rusia digelar pada 26-29 Maret 2019, yang mendapatkan 3 medali emas dan 1 piala khusus.
Juga ada 3 mahasiswi Fakultas Teknik USU, Yasintha, Nurul dan Shifa, yang meraih juara 1 Disain Produk dalam The First Annual Industrial Competition National 2019 di Aceh pada 8-11 April 2019. Mahasiswa Teknik Industri atas nama Muhammad Faisal Ardiansyah yang meraih juara 1 lomba Essay pada kejuaraan yang sama di Aceh.

USU juga meraih Gold Medal dan predikat The Best Young Scientist Award di

International Festival of Innovation on Green Technology 2019 di University Malaysia Pahang. Kemudian ada mahasiswa USU dari Fasilkom dan Fakultas Pertanian yang mendapatkan dua silver medal di International Invention and Innovative Malaka.

Flexmedia

Kembali ke atas