Berjualan secara online memiliki potensi untung dan laris yang sangat besar karena dapat menjangkau pasar yang luas dan memanfaatkan teknologi yang ada, yaitu internet dan media sosial.
Bisnis online dapat meraup konversi yang fantastis dengan strategi yang tepat.
Bisnis online dapat berupa produk dan jasa dengan target konsumen yang tidak terbatas. Yang dibutuhkan adalah media yang tepat, bagi untuk promosi, pemasaran, hingga terima pembayaran dengan mudah.
Berbeda dengan bisnis yang dijalankan secara offline, modal untuk berjualan online bisa dibilang lebih sedikit karena tidak membutuhkan biaya operasional yang besar.
Jenis channel penjualan yang dapat digunakan secara online seperti website yang dimiliki dan dikelola sendiri, aplikasi yang dibangun khusus sebagai tempat jualan, atau memanfaatkan marketplace yang sudah banyak tersedia.
Namun ada media online yang memiliki pengguna terbesar namun dapat digunakan secara gratis tanpa biaya apapun tapi dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan punya potensi konversi yang besar pula.
Namanya media sosial.
Platform media sosial menawarkan peluang besar bagi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas, membangun dan meningkatkan brand, dan meningkatkan penjualan.
Ada banyak platform media sosial yang ada sekarang. Masing-masing platform memiliki karakteristik unik yang dapat mempengaruhi cara produk atau layanan ditawarkan.
Bagaimana cara berjualan online yang bisa dijalankan oleh siapa saja dengan mudah tanpa modal? Berikut langkah-langkah strategis untuk berjualan online di media sosial yang dapat terima pembayaran online.
3 Strategi Berjualan di Media Sosial dengan Pembayaran Online
1. Memilih platform yang tepat
Ada banyak platform media sosial beredar yang dapat digunakan sebagai media pemasaran dan jualan untuk produk dan jasa. Jangan sampai salah memilih media sosial karena masing-masing memiliki preferensi pengguna yang berbeda.
Media sosial ini paling banyak digunakan oleh orang Indonesia dengan jumlah pengguna mencapai 174 juta orang. Fitur yang dapat digunakan untuk jualan di Facebook adalah grup, halaman bisnis atau page, aplikasi Messenger, dan Facebook Marketplace untuk menawarkan produk atau jasa.
Cocok untuk meningkatkan kesadaran merek dari bisnis yang menjual produk-produk kecantikan, fashion, makanan, gaya hidup, traveling, dan produk digital. Di dalam Instagram fitur yang digunakan seperti Reel yaitu video pendek yang dikemas dengan cerita menarik mempromosikan produk atau bisnis dengan jangkauan yang luas.
Ada juga media foto yang disusun menjadi slide cocok untuk informasi katalog produk. Chat di Instagram sebagai media komunikasi dengan pelanggan.
TikTok
Media sosial ini populer di kalangan generasi muda, dapat digunakan untuk berjualan melalui video kreatif. Konten yang menarik dapat menarik perhatian dan mendorong pengguna untuk melakukan pembelian.
Pengguna TikTok di Indonesia mencapai 157,6 juta menjadi terbanyak kedua digunakan.
TikTok tepat untuk menaikkan brand awareness dari produk melalui konten yang kreatif. Buat video pendek durasi 15 hingga 30 detik.
Aplikasi chat ini sangat banyak digunakan diseluruh dunia dengan 2 milyar pengguna dan 87 juta pengguna di Indonesia. WhatsApp digunakan secara luas untuk komunikasi pribadi dan bisnis.
Kamu bisa memanfaatkan WhatsApp Bisnis karena memiliki profil yang lengkap. Akun WA bisnis akan menampilkan informasi lengkap mengenai bisnis, mulai dari nama bisnis, kategori, alamat, jam kerja, alamat website, hingga penjelasan singkat mengenai bisnis yang Anda jalankan. Bahkan, kamu bisa membuat katalog dalam WA bisnis ini.
Kamu dapat memanfaatkan WA Bisnis untuk jualan dengan memberikan payment link pada katalog jualan atau dalam percakapan ketika transaksi terjadi dan dapat terima pembayaran dengan mudah.
Payment link ini dapat diperoleh melalui payment gateway seperti Winpay melalui aplikasi Winpay tanpa integrasi apapun.
2. Buat konten yang menarik dan bangun interaksi dengan pelanggan
Konten adalah kunci dalam pemasaran media sosial. Buatlah konten yang menarik, relevan, dan konsisten dengan brand yang dimiliki.
Kamu dapat menggunakan visual yang menarik berupa foto dan video berkualitas dengan cerita yang terkait produk atau bisnis yang dapat memikat calon pelanggan dan membuat konversi.
Interaksi langsung dengan pelanggan melalui media sosial yang digunakan adalah bagian penting dari strategi jualan online. Tanggapi komentar, pertanyaan, dan pesan dengan cepat untuk menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap pelanggan. Berbagai feedback dari konsumen adalah hal berharga untuk perbaikan layanan dan bisnis.
Dengan interaksi yang baik dapat meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap bisnis. Sehingga, konversi penjualan dapat terjadi dari jalinan yang dibangun.
3. Integrasikan dengan pembayaran online
Berjualan di media sosial bisa terima pembayaran online sekaligus tanpa integrasi apapun. Dari media sosial yang digunakan bisa terima pembayaran langsung dengan mudah. Teknologi pembayaran online berupa payment link dapat menjadi solusi terbaik untuk bisnis yang menggunakan media sosial sebagai tempat jualan.
Payment link ini dapat digunakan langsung di media sosial yang digunakan. Payment link dibuat melalui payment gateway yang menyediakan fitur ini.
Ketika konsumen membeli produk atau layanan dari media sosial yang digunakan, memungkin pelanggan dapat memilih metode pembayaran online yang dimiliki, seperti QRIS, e-wallet, transfer bank, dan kartu kredit. Selain itu juga pelanggan juga dapat melakukan pembayaran offline melalui jaringan retail modern juga ada.
Menggunakan payment link sangat efisien karena tanpa integrasi yang rumit serta tidak ada biaya lain yang dibebankan. Pelanggan hanya dikenakan biaya yang kecil ketika transaksi berhasil dilakukan.
Untuk mendapatkan payment link dengan banyak metode pembayaran dapat melalui payment gateway. Winpay menyediakan payment link atau link pembayaran untuk bisnis yang dapat terima pembayaran darimana saja.
Winpay adalah payment gateway tepercaya yang memiliki ijin resmi dari Bank Indonesia sebagai payment gateway dan penyedia jasa pembayaran kategori 1 di Indonesia. Selain itu, keamanan yang tinggi menjadi perhatian yang utama dari Winpay untuk pembayaran yang aman.
Winpay hadir sebagai solusi payment gateway yang memfasilitasi transaksi pembayaran antara merchant dan pelanggan baik pembayaran online maupun offline dengan solusi pembayaran yang handal, mudah, lengkap dengan biaya yang murah.