Berikut Ini Cara Membuat Tabel Di Excel

Sekarang ini sudah banyak profesi yang membutuhkan karyawan ahli dalam bidang tertentu, termasuk menggunakan software Microsoft Excel. Anda harus memahami penggunaan Excel secara dasar, seperti cara membuat tabel di Excel.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang cara membuat tabel di Excel sebagai berikut ini:

Cara Membuat Tabel Di Excel

Cara Membuat Tabel di Excel dengan Fitur Insert Table

Salah satu cara untuk membuat bentuk tabel di Microsoft Excel adalah dengan menggunakan fitur Insert Table. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama buka aplikasi Microsoft Office Excel di perangkat Anda.
  • Pilih dan blok kumpulan data yang ingin Anda buat menjadi sebuah tabel.
  • Setelah melakukan hal tersebut, klik Tab Insert lalu pilih Table yang ada di grup Tables. Cara lainnya untuk memunculkan fitur ini bisa juga dengan shortcut CTRL+L atau CTRL+T secara bersamaan.
  • Kemudian, saat pilihan kotak muncul Anda bisa klik pilihan create table. Pastikan rentang data dari tabel yang ingin Anda buat sudah sesuai.
  • Jika rentang data sudah sesuai, Anda bisa langsung mengatur tabel pada menu My Table.
  • Terakhir, klik tombol OK dan tunggu beberapa saat. Setelah menunggu, Anda akan melihat sebuah tabel muncul pada lembar kerja di Microsoft Excel milik Anda.

Cara Membuat Tabel di Excel dengan Fitur Format as Table

Selain menggunakan fitur Insert Table, cara membuat tabel di Excel juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Format as Table. Adapaun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Microsoft Office Excel di perangkat Anda.
    • Pilih dan blok sel atau rentang data yang akan dijadikan tabel.
    • Setelah data diblok, pada tab Home pilih fitur Format as Table yang berada di grup Style.
    • Jika Anda ingin baris pertama menjadi header, centang kotak My Table has Headers.
    • Pastikan data yang ingin Anda masukkan pada tabel sudah sesuai.
    • Jika sudah, klik OK, dan tabel yang Anda buat akan muncul pada lembar kerja di Microsoft Excel Anda.

Cara Membuat Kolom Tabel di Excel

Untuk menambahkan kolom, Anda bisa lakukan cara di bawah ini:

  • Klik sel tabel yang ada di sebelah kanan atau kiri kolom tempat Anda ingin memunculkan kolom baru.
  • Pada tab bernama ‘Tata Letak’, klik pada salah satu pilihan dalam grup baris dan kolom:
  • ‘Sisipkan ke Kiri’ untuk menambah kolom di sebelah kiri sel yang Anda pilih.
  • ‘Sisipkan ke Kanan’ untuk menambah kolom pada sebelah kanan sel yang Anda pilih.
  • Kalau untuk menambahkan baris pada Microsoft Excel, cek di bawah ini, ya!
  • Cara Membuat Baris Excel

Untuk membuat atau menambahkan baris di Excel, Anda bisa ikuti cara dibawah ini:

  • Klik sel tabel pada baris di atas atau di bawah tempat Anda ingin menambahkan baris baru.
  • Di tab ‘Tata Letak’, dalam ‘Baris & Kolom’, klik pada salah satu pilihan berikut ini:
  • ‘Sisipkan di Atas’ untuk menambah baris di atas sel yang Anda pilih.
  • ‘Sisipkan di Bawah’ untuk menambah baris di bawah sel yang Anda pilih.

Cara Menghapus Tabel Di Excel

Jika Anda sudah membuat tabel namun merasa kurang puas dengan hasilnya, Anda bisa menghapus tabel tersebut.

Cara Menghapus Tabel

Berikut cara menghapus tabel:

  • Klik tabel.
  • Pada tab ‘Tata Letak’ di dalam ‘Baris & Kolom’, klik ‘Hapus’.
  • Lalu, klik ‘Hapus Tabel’ atau klik Delete pada keyboard kamu.

Cara Menghapus Baris atau Kolom

Kalau Anda hanya ingin menghapus baris atau kolom, berikut caranya:

  • Pilih sel tabel dalam kolom atau baris yang kamu ingin hapus.
  • Pada tab ‘Tata Letak’ yang ada dalam grup ‘Baris & Kolom’, klik pilihan ‘Hapus’.
  • Kemudian, klik ‘Hapus Kolom’ atau ‘Hapus Baris’